Arab Saudi Siapkan Diri Terima 3 Juta Jamaah Umrah Saat Ramadhan

Jamaah umrah/ilustrasi. (foto: pixabay)

RIYADH -- Arab Saudi telah meluncurkan rencana besar-besaran dan persiapan untuk bulan suci Ramadhan mendatang. Negeri Teluk itu memprediksi sekitar 3 juta jamaah umrah akan tiba di tempat-tempat paling suci bagi umat Islam.

Kesiapan tersebut diumumkan Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Abdul Rrahman Al Sudais. "Skema operasinal ini diawaki oleh 12.000 karyawan yang tersedia sepanjang waktu untuk melayani sekitar 3 juta jamaah di kedua masjid tersebut," kata pejabat tersebut dilansir dari Gulf News, Senin (6/3/2023).

Rencana berlabel From Arrival to Access tersebut berfokus pada perjalanan jamaah. Hal ini dimulai sejak jamaah tiba di halaman luar dua tempat suci dan mendapatkan akses ke layanan mengitari Ka'bah di Masjidil Haram dan berjalan di antara dua bukit Safa dan Marwah. Tidak hanya itu, Pemerintah Arab juga akan menyiapkan layanan terbaik bagi jamaah ke tempat-tempat shalat dan itikaf (berdzikir).

Selain itu, rencana tersebut juga mengatur pemantauan dan tata kelola semua layanan. Tujuannya untuk memastikan standar tertinggi layanan yang diberikan di dua masjid suci.

Menurut Al Sudais, skema tersebut dirancang untuk memfasilitasi pelaksanaan tahajud di sekitar Ka'bah Suci bagi sekitar 107 ribu jemaah umrah per jam. Ramadhan, yang tahun ini akan dimulai pada akhir Maret 2023, biasanya merupakan musim puncak umrah dan ditandai dengan ibadah yang intens.

“Rencana operasi Ramadhan dipusatkan pada kehadiran di lapangan, memegang tanggung jawab, serta menyediakan lingkungan yang aman dan sehat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi," jelas Al Sudais.

Tidak hanya itu, operasional kali ini juga berupaya mendiversifikasi inisiatif yang ada, memanfaatkan kecerdasan buatan secara optimal, serta menggunakan aplikasi di berbagai bidang untuk melayani jumlah jamaah dan pengunjung umrah yang teramat tinggi.  

(dkd)

1 komentar:

  1. Harga perjalanan nya nanti jadi mahal ya , hotel 2 kebanjiran

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.